berikut adalah proposal usaha onde onde takulay.
BAB I
PENDAHULUAN
1 latar belakang
Pada
dasarnya setiap makhluk hidup sering membutuhkan satu sama lain, salah satunya
dalam kegiatan memproduksi suatu produk dimana produsen membutuhkant enaga
perantara untuk memasarkan produk tersebut.
Dalam
memproduksi suatu produk, produsen harus bisa menganalisa kebutuhan konsumen
yang sedang dibutuhkan, sifat-sifat konsumen, serta keluhan-keluhan dimana kita
sebagai wirausaha dituntut untuk dapat membuka usaha sesuai dengan kebutuhan
masyarakat setempat. Kita dapat mengatur strategi dalam melakukan kegiatan
tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Onde onde takulay adalah sejenis jajanan yang di olah menjadi cemilan yang banyak diminati oleh
banyak masyarakat.onde onde ini amat populer sebagai makanan Sumatra Barat.
2. Visi dan Misi
v Visi
v -Menciptakan sebuah merk
dagang yang kompetitif dengan mutu kualitas yang terbaik
v Memberikan hasil
produksi dengan mutu yang terbaik kepada masyarakat
.
v Misi
v Menggunakan ubi ungu sebagai bahan baku
v Mengutamakan kebersihan isi produk
maupun kemasan produk
v Mengutamakan kualitas ubi ungu
v Membuat onde onde yang memiliki aneka rasa
v
Mendistribusikan penjualan ubi ungu ini melalui agen-agen,swalayan,toko -toko
sampai warung-warung
.
3.
Tujuan
ü Dapat mempublikasikan
produk yang sudah ada
ü Memenuhi keinginan
konsumen
ü Menciptakan lapangan
kerja
4.
Analisis SWOT
1.
Strength (Kekuatan)
1.
Berpengalaman dalam
kualitas rasa, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
3.
Memiliki produk keripik
singkong yang berkualitas dengan rasa yang khas yang sangat cocok di lidah
konsumen
2. Weaknes (Kelemahan)
Semakin sulit mendapatkan sumber bahan baku ubi ungu yang berkualitas
Semakin sulit mendapatkan sumber bahan baku ubi ungu yang berkualitas
3. Oportunity (Peluang)
1.
Dengan tetap menjaga mutu
dan kualitas produk ubi ungu kami
yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan atau industry
lain yang skalanya lebih tinggi.
2.
Saat ini dengan banyaknya
penggemar onde onde
terutama yang memiliki rasa khas dengan berbagai varian rasa yang unik, kami
yakin perusahaan kami akan cepat maju untuk masa mendatang.
3.
Onde onde merupakan penganan yang paling diminati oleh konsumen dan paling
laku di pasaran.
4. Threaty (Ancaman)
Banyaknya dan munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan keunikan dan kekhasan perusahaan mereka sendiri.
Banyaknya dan munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan keunikan dan kekhasan perusahaan mereka sendiri.
BAB
II
PROFIL
USAHA
A.
Jenis
Usaha : Makanan RINGAN
B. Nama Perusahaan : onde onde takulay
C. Lokasi perusahaan : Alai Gelombang, Kecematan Pariaman,
Kota Pariaman
D.
Struktur
organisasi :
PEMILIK
BAB
III
ASPEK
PRODUKSI
A.
Jenis
Produksi
Onde onde takulay memiliki rasa yang khas
,gurih dan juga memiliki aroma yang khas dari ubi ungu
B.
Alat
Dan Bahan
1.
Alat
Ø Kompor
Ø Baskom
Ø Sendok
Ø Kuali
Ø Spatula
Ø Penyaring
2.
Bahan
Ø Ubi ungu
Ø Pembungkus
Ø Gula pasir
Ø Tepung
Ø Coklat
Ø Garam
Ø Gula merah
Ø Vanili
Ø Kelapa parut
C. Proses pembuatan
1.
Rebus ubi ungu hingga empuk lalu hancurkan hingga halus
2.
Sediakan baskom lalu masukkan tepung,garam,air,vanili,dan
ubi ungu
3.
Bulat bulatkan dan beri isian coklat
4.
Apabila sudah di bulatkan rebus pada air mendidih
5.
Apabila onde onde sudah mengapung beri olesan kelapa
parut
D.
Segmentasi
Pasar
1.
Promotion
(promosi)
Mempromosikan produk via online
via sosial media maupun offline (secara langsung) dengan media spanduk maupun
brosur.
2. Place (tempat)
Terletak di tempat yang
strategis, banyak dilalui oleh orang sehingga banyak orang yang akan
mengetahui.
3. Product (produk)
Onde onde takulay memiliki keunggulan dengan
menggunakan bahan yang segar (masih fresh) ubi ungu yang baru di panen
dapat langsung diolah.dan juga menggunakan ubi ungu yang terpilih
4. Price (harga)
Produk ini dijual dengan harga yang terbilang
murah,dan di pastikan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat yaitu Rp.2000/bungkus
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Menurut
saya produk ini akan berkembang dan mencapai keberhasilan, saya sangat yakin
bahwa usaha ini akan maju dan berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang
mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan.
B. Saran
·
Dalam
berwirausaha diperlukan keyakinan,percaya diri dan keuletan
·
Semangat
wirausaha harus tertanam pada diri kita
·
Jangan
mudah menyerah dalam menghadapi berbagai macam hambatan
·
Seorang
wirausaha haruslah kreatif dan inovatif
No comments:
Post a Comment