Sunday, October 13, 2019

PROPOSAL USAHA

       setiap usaha pasti dibutuhkan suatu rancangan atau proposal.proposal usaha tersebuit berfungsi agar kita mengetahui perencanaan usaha yang akan kita dirikan.perencanaan tersebut dikutip secara rinci dari hal-hal kecil sampai yang paling berpengaruh.
       berikut adalah proposal usaha onde onde takulay.



BAB I
PENDAHULUAN

1 latar belakang

Pada dasarnya setiap makhluk hidup sering membutuhkan satu sama lain, salah satunya dalam kegiatan memproduksi suatu produk dimana produsen membutuhkant enaga perantara untuk memasarkan produk tersebut.
Dalam memproduksi suatu produk, produsen harus bisa menganalisa kebutuhan konsumen yang sedang dibutuhkan, sifat-sifat konsumen, serta keluhan-keluhan dimana kita sebagai wirausaha dituntut untuk dapat membuka usaha sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Kita dapat mengatur strategi dalam melakukan kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Onde onde takulay adalah sejenis jajanan yang di olah menjadi cemilan yang banyak diminati oleh banyak masyarakat.onde onde ini amat populer sebagai makanan Sumatra Barat.




2. Visi dan Misi

v Visi
v -Menciptakan sebuah merk dagang yang kompetitif dengan mutu kualitas yang terbaik
v Memberikan hasil produksi dengan mutu yang terbaik kepada masyarakat
.


v Misi
v Menggunakan ubi ungu sebagai bahan baku
v Mengutamakan kebersihan  isi produk maupun kemasan produk
v Mengutamakan kualitas ubi ungu
v Membuat onde onde yang memiliki aneka rasa
v Mendistribusikan penjualan ubi ungu ini melalui agen-agen,swalayan,toko -toko sampai warung-warung
.


3. Tujuan

ü  Dapat mempublikasikan produk yang sudah ada
ü  Memenuhi keinginan konsumen
ü  Menciptakan lapangan kerja






4. Analisis SWOT

1.       Strength (Kekuatan)

1.    Berpengalaman dalam kualitas rasa, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.    Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.    Memiliki produk keripik singkong yang berkualitas dengan rasa yang khas yang sangat cocok di lidah konsumen


2.     Weaknes (Kelemahan)
Semakin sulit mendapatkan sumber bahan baku
ubi ungu yang berkualitas




3.     Oportunity (Peluang)


1.    Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk ubi ungu kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan atau industry lain yang skalanya lebih tinggi.
2.    Saat ini dengan banyaknya penggemar onde onde terutama yang memiliki rasa khas dengan berbagai varian rasa yang unik, kami yakin perusahaan kami akan cepat maju untuk masa mendatang.
3.    Onde onde merupakan penganan yang paling diminati oleh konsumen dan paling laku di pasaran.



4.       Threaty (Ancaman)
Banyaknya dan munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan keunikan dan kekhasan perusahaan mereka sendiri.






BAB II
PROFIL USAHA

A.     Jenis Usaha                  : Makanan RINGAN
B.     Nama Perusahaan        : onde onde takulay
C.     Lokasi perusahaan       : Alai Gelombang, Kecematan Pariaman, Kota Pariaman
D.     Struktur organisasi       :

 



PEMILIK



BAB III
ASPEK PRODUKSI


A.     Jenis Produksi
Onde onde takulay  memiliki rasa yang khas ,gurih dan juga memiliki aroma yang khas dari ubi ungu
B.     Alat Dan Bahan

1.      Alat
Ø  Kompor
Ø  Baskom
Ø  Sendok
Ø  Kuali
Ø  Spatula
Ø  Penyaring
2.      Bahan
Ø  Ubi ungu
Ø  Pembungkus
Ø  Gula pasir
Ø  Tepung
Ø  Coklat
Ø  Garam
Ø  Gula merah
Ø  Vanili
Ø  Kelapa parut

C.     Proses pembuatan
1.      Rebus ubi ungu hingga empuk lalu hancurkan hingga halus
2.      Sediakan baskom lalu masukkan tepung,garam,air,vanili,dan ubi ungu
3.      Bulat bulatkan dan beri isian coklat
4.      Apabila sudah di bulatkan rebus pada air mendidih
5.      Apabila onde onde sudah mengapung beri olesan kelapa parut
D.     Segmentasi Pasar

1.      Promotion (promosi)
Mempromosikan produk via online via sosial media maupun offline (secara langsung) dengan media spanduk maupun brosur.
2.      Place (tempat)
Terletak di tempat yang strategis, banyak dilalui oleh orang sehingga banyak orang yang akan mengetahui.
3.      Product (produk)
Onde onde takulay memiliki keunggulan dengan menggunakan bahan yang segar (masih fresh) ubi ungu yang baru di panen dapat langsung diolah.dan juga menggunakan ubi ungu yang terpilih
4.      Price (harga)
Produk ini dijual dengan harga yang terbilang murah,dan di pastikan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat yaitu Rp.2000/bungkus



BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan

Menurut saya produk ini akan berkembang dan mencapai keberhasilan, saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan.

B.   Saran
·         Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan,percaya diri dan keuletan
·         Semangat wirausaha harus tertanam pada diri kita
·         Jangan mudah menyerah dalam menghadapi berbagai macam hambatan
·         Seorang wirausaha haruslah kreatif dan inovatif

No comments:

Post a Comment

IKLAN ONDE ONDE DI YOUTUBE

berikut contoh video iklan onde onde takulay