Thursday, January 3, 2019

SEBUTKAN MANFAAT SEO SECARA UMUM PADA WEBSITE


Manfaat SEO Secara Umum Yang Perlu Diketahui

Berikut pembahasan mengenai 9 manfaat SEO secara umum yang perlu diketahui pemilik website bisnis. Bila Anda seorang pemiliki website, maka SEO adalah salah satu teknik yang dapat dijalankan untuk mengembangkan website. Apakah Anda telah mengetahui SEO? Bila belum Anda dapat membaca artikel “Apa Itu SEO?”. Manfaat SEO sebenarnya dapat terjadi secara langsung dan tidak langsung bagi website Anda. Bila sudah memahami SEO, maka berikut ini 9 manfaat SEO secara umum yang akan Satu Digital bahas.

Struktur Website (Meta – Schema)

Dalam pembuatan website ternyata Teknik SEO On Page berfungsi sebagai fondasi awal yang berfungsi membantu website untuk dapat menyesuaikan diri dengan Standar Struktur Website secara Global. Untuk referensi bisa dibaca disini “Panduan SEO Google“. Dengan memiliki struktur yang optimal atau SEO Friendly, maka tatanan tampilan pada website akan mampu memberikan manfaat untuk membantu Robot Search Engine dan Pengunjung untuk mengetahui dan memahami halaman website tersebut. Robot Crawl Search Engine akan juga lebih cepat mengindex, membedakan tipe website dan mengetahui konten halaman secara keseluruhan. Bagi pengunjung halaman website Anda mampu memberikan jawaban dan manfaat dengan tampilan yang baik.

Peningkatan Ranking Kata Kunci (Keywords)

Setiap halaman website memiliki peluang yang sama dalam memenangkan persaingan di Search Engine, khususnya persaingan Kata Kunci. Dengan menjalankan teknik SEO, maka manfaatnya akan terjadi peningkatan Ranking Kata Kunci secara signifikan atau pun secara bertahap. Teknik SEO yang dapat di praktekan dibagi menjadi dua, yaitu Teknik SEO On Page dan SEO Off Page. Kedua teknik tersebut akan sangat membantu website memberikan signal baik ke Robot Search Engine untuk memposisikan website Anda pada urutan tertentu dengan kata kunci terkait (Natural Keywords).

Peningkatan Pengunjung (Visitors)

Setiap adanya peningkatan Ranking Kata Kunci, maka akan memberikan manfaat peningkatan pengunjung ke website Anda. Peningkatan pengunjung ke website adalah salah satu poin yang mengidentifikasikan bahwa website mulai berkembang. Dengan adanya peningkatan pengunjung ke website, maka akan berdampak pula ke berbagai sektor lainnya.

Dikenal dan Terkenal (Brand Awareness)

Setelah terjadi peningkatan kata kunci dan pengunjung, maka manfaat SEO secara umum selanjutnya adalah website menjadi dikenal. Apabila website terus dikembangkan ke arah positif, maka website pastinya akan menjadi terkenal. Para pengunjung akan mengetahui website Anda dan mampu membuat para pengunjung ingin kembali ke website Anda, karena mereka mendapatkan manfaat lebih dari konten, produk dan jasa yang diberikan di dalam website.
Namun setiap orang pastinya hanya mengingat merk atau brand terkenal contohnya Facebook, Kaskus, Tokopedia, Nike, Kompas, Xiaomi, Lenovo dan lainnya. Pengunjung tidak mungkin mengingat konten dengan judul yang sangat panjang. Maka dari itu usahakan juga untuk meningkatkan brand di Search Engine agar website menjadi dikenal dan terkenal. Contohnya seperti website Satu Digital ini.

Sebagai Bahan Pertimbangan

Ketika website sudah menduduki posisi terbaik pada halaman satu (urutan 1 – 7), maka website Anda akan menjadi bahan pertimbangan. Contohnya seperti mempertimbangkan produk dan jasa yang diberikan. Usahakan untuk memberikan tampilan website yang baik dan memberikan informasi yang padat dan lengkap bagi para pengunjung.

Meningkatkan Penjualan (Sales)

Secara tidak langsung menjalankan teknik SEO pada website bisnis akan mampu memberikan manfaat, yaitu membantu meningkatkan penjualan. Dengan mendapatkan posisi terbaik di setiap pencarian Kata Kunci produk / jasa akan membuat pengunjung lebih mempercayai website Anda karena memiliki urutan terbaik. Secara umum peningkatan penjualan juga akan membantu perkembangan dari perusahaan yang Anda kelola.

Hemat Biaya

Menjalankan teknik SEO sebenarnya memberikan manfaat lainnya, yaitu lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan periklanan Online seperti Adwords. Hal ini karena SEO mampu membuat suatu Kata Kunci dapat bertahan di posisi terbaik dengan jangka waktu lama serta tayang 24 jam penuh. Tidak seperti sistem iklan yang hanya dapat tayang berdasarkan budget yang dikeluarkan. Walaupun begitu SEO dan iklan Adwords sebenarnya dapat digabung menjadi teknik marketing online yang ampuh.

Investasi Jangka Panjang

SEO merupakan salah satu teknik yang dapat menjadi investasi jangka panjang bagi kelangsungan perkembangan bisnis di dunia Online. Hal ini karena SEO memiliki dampak yang besar ke website kedepannya. Setiap teknik SEO yang dijalankan pun harus sesuai dengan aturan Search Engine. Website terkenal seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak pun telah melakukan banyak investasi pada bidang ini.
Teknik SEO apapun yang dikerjakan minggu ini, maka belum tentu hasilnya dapat langsung terlihat seminggu setelahnya. Namun efeknya bisa terlihat bisa saja di bulan depannya atau beberapa bulan setelahnya. Dengan melakukan praktek Teknik SEO, maka manfaatnya suatu hari nanti website Anda dapat memenangkan Kata Kunci yang paling susah digapai oleh website kompetitor lainnya.

Sebagai Sumber dan Acuan

Dengan menjalankan teknik SEO, maka website dapat menjadi Sumber dan Acuan. Bila website Anda telah SEO Friendly dengan konten yang menduduki ranking terbaik, maka website bisa menjadi sumber acuan bagi pemilik website lain. Contohnya mereferensikan website Anda karena memberikan informasi valid seperti harga, detail produk / jasa dan informasi aktual lainnya seperti website blog. Dengan mendapatkan referensi dari website lain, maka kualitas website Anda pun akan semakin meningkat. Bisa dikatakan teknik SEO disini memberikan manfaat secara tidak langsung.
Dari beberapa poin diatas ternyata SEO mampu memberikan banyak manfaat kepada perkembangan website. Bila Anda pemilik website bisnis, maka segera jalankan Teknik SEO mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk dapat mengembangkan website walaupun ada banyak sekali bisnis sejenis yang telah lebih dulu hadir di online. Sekian penjelasan mengenai 9 manfaat seo secara umum yang perlu Anda ketahui.

No comments:

Post a Comment

IKLAN ONDE ONDE DI YOUTUBE

berikut contoh video iklan onde onde takulay